TIPS MELAMAR PEKERJAAN
- Membuat Surat Lamaran Pekerjaan
- Menyiapkan Berkas Lamaran
- Menyiapkan Amplop Surat Lamaran
- Mengirimkan surat Lamaran
1. Membuat Surat Lamaran Pekerjaan
Surat lamaran pekerjaan dapat anda ketik akan tetapi ada beberapa perusahaan yang menghendaki agar surat ditulis menggunakan tulisan tangan. Apabila anda mengetik surat lamaran pekerjaan pergunakanlah kertas dan font yang standar, seperti tipe Arial atau Times New Roman. Dan jika anda menulisnya dengan tangan usahakan menulis dengan rapi dan mudah di baca. Tidak boleh ada kesalahan penulisan dalam membuat surat lamaran pekerjaan oleh karenanya anda harus mengeceknya berulang-ulang. Anda mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menulisnya dan si pembaca surat anda hanya butuh beberapa menit saja untuk membacanya, akan tetapi jika terdapat sebuah kesalahan maka si pembaca tidak akan segan segan untuk membuangnya. Silahkan lihat atau download Contoh Surat Lamaran Pekerjaan2. Menyaipkan Berkas Pelengkap Lamaran Pekerjaan
Beberapa berkas yang harus dipersiapkan sebagai pelengkap surat lamaran pekerjaan antara lain:- Pas Foto (3x4 dan 4x6 biasanya sebanyak 2 lembar atau tergantung permintaan)
- Foto Copy Kartu Identitas Diri (KTP atau SIM) yang di legalkan pejabat setempat (Legalisir).
- Daftar Riwayat Hidup / Curiculum Vitae (CV). Lihat Contoh Daftar Riwayat Hidup
- Foto Copy Ijazah yang di legalisir
- Foto Copy sertifikat pendidikan non formal (jika ada)
- Foto Copy Penghargaan yang tercantum dalam Daftar Riwayat hidup
- Surat Pengalaman Kerja (jika ada)
3. Menyiapkan Amplop Surat Lamaran
Contoh Amplop surat Lamaran Pekerjaan4. Mengirimkan Surat Lamaran Pekerjaan
Masukan semua berkas yang sudah anda susun dengan rapi (pergunakan penjepit kertas untuk myusunnya, janga di steples) kedalam Amplop yang sudah di siapkan. Kirim menggunakan pos kilat agar surat segera sampai ke alamat yang di tuju apalagi jika waktunya sudah mepet.Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan
Sebelum anda membuat surat lamaran kerja ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu agar surat lamaran kerja yang nantinya anda buat baik dan benar, dan hal-hal yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut :
1. Surat lamaran harus Impresif.
Isi surat lamaran
kerja hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan
tetapi juga tidak terlalu merendah. Intinya tampilkan jati diri kita
secara menarik.
Buatlah
surat lamaran kerja yg ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung
tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria kita.
Ingat kesan pertama sangatlah penting.
Contoh
prestasi kerja maupun pengalaman yg sukses harus disebutkan, untuk
menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi & pengalaman yg patut
dipertimbangkan.
Gunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas dan padat.
Kita mempunyai
kesempatan lain untuk menjabarkan semua kelebihan dan kualitas diri kita
dalam kesempatan wawancara. Maka dari itu, untuk saat ini buat
penjelasan yg singkat tetapi efektif.
Dalam surat
lamaran kerja anda hindari penggunaan kalimat yg tidak efektif, kalimat
yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan
tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata
keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung secara berulang-ulang,
yang menyebabkan kalimat terasa janggal, bertele-tele persis seperti
contoh kalimat yang sedang anda baca saat ini, yang menggunakan banyak
kata sambung ‘yang’ secara berulang-ulang & berlebihan.
Sebaiknya
pergunakan bahasa Indonesia saja. Jika tidak diminta, hindari penggunaan
bahasa Inggris, terutama jika kemampuan bahasa Inggris kita kurang
baik. Jika bahasa Inggris kita bagus, boleh saja membuat surat lamaran
kerja berbahasa Inggris, yg tentu saja merupakan sebuah nilai lebih bagi
kita.
Pada surat lamaran
kerja anda, cantumkan tujuan & alasan kita melamar. Biasanya tujuan
yg sering disebutkan adalah bahwa kita mempunyai kemampuan dan
pengalaman yg memadai dalam bidang pekerjaan tertentu, & dengan
bergabungnya kita ke suatu perusahaan akan dapat memberikan kontribusi
yg berharga bagi perusahaan tersebut.
Agar lamaran anda mudah dibaca jangan
menulis atau mencetak dengan tinta yg terlalu tipis, & hindari
penggunaan tipp-ex. Pergunakan kertas yg bagus, bersih & rapih,
tidak kusut, tidak tebal dan tidak mudah terkoyak.
9.Buat surat lamaran dengan tulis tangan atau komputer?
Jika
memungkinkan buatlah surat dengan komputer kecuali dipersyaratkan agar
ditulis dengan tangan. Agar diperoleh kualitas tulisan yg setara dengan
kualitas tulisan dari mesin cetak, sebaiknya gunakan printer inkjet atau
laser, dan sebisa mungkin hindari penggunaan printer dot matrix karena
akan memberi kesan kita orang yg tertinggal dalam hal teknologi. Gunakan
jenis font standar, seperti Times New Roman ukuran 12 untuk memberi
kesan formal.
Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup / CV
Tips Membuat CV (Curiculum Vitae)
Membuat Daftar Riwayat Hidup / CV yang baik adalah salah satu usaha agar lamaran kita diterima, akan tetapi kadang ada beberapa orang yang menyepelekannya. Untuk diperhatikan bagaimana dalam membuat Daftar Riwayat Hiduap / CV yang baik adalah :1. Usahakan pancang Maksimal CV hanya 3 - 4 Halaman.
2. Buatlah CV yang mudah dibaca dan mudah dipahami
3. untuk Foto gunakan Foto terbaru anda dan usahakan berpakain Formal namun dengan mimik wajah yang rilex (dengan senyum misalnya)
4. Jangan menulis pengalaman yang tidak penting misalkan anda melamar pada bidang programmer anda tidak perlu mencantumkan pengalaman menang lomba melukis.
5. Tulislah training yang pernah anda ikuti namun cukup training yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang anda inginkan.
6. Tulislah kompetensi lain yang menunjang pekerjaan
7. yang terakhir berusahalah sejujur jujrunya dalam membuat CV, jangan coba coba memanipulasi CV.
Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat dan jika anda sudah diterima jangan lupa sama saya ya.... he...he....!
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan tulis komentar anda jika dirasa ada informasi yang anda butuhkan