Hari Ini

TIPS MELAMAR PEKERJAAN

Kali ini saya akan membagikan Tips melamar pekerjaan yang saya peroleh dari pengalaman pribadi serta beberapa sumber di internet. Apa sajakah yang perlu dipersiapkan untuk melamar pekerjaan? Mari kita bahas lebih lanjut. Ada beberapa Persiapan yang harus diperhatikan yaitu
  1. Membuat Surat Lamaran Pekerjaan
  2. Menyiapkan Berkas Lamaran
  3. Menyiapkan Amplop Surat Lamaran
  4. Mengirimkan surat Lamaran
Mari kita bahas satu persatu;

1. Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan dapat anda ketik akan tetapi ada beberapa perusahaan yang menghendaki agar surat ditulis menggunakan tulisan tangan. Apabila anda mengetik surat lamaran pekerjaan pergunakanlah kertas dan font yang standar, seperti tipe Arial atau Times New Roman. Dan jika anda menulisnya dengan tangan usahakan menulis dengan rapi dan mudah di baca. Tidak boleh ada kesalahan penulisan dalam membuat surat lamaran pekerjaan oleh karenanya anda harus mengeceknya berulang-ulang. Anda mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menulisnya dan si pembaca surat anda hanya butuh beberapa menit saja untuk membacanya, akan tetapi jika terdapat sebuah kesalahan maka si pembaca tidak akan segan segan untuk membuangnya. Silahkan lihat atau download Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

2. Menyaipkan Berkas Pelengkap Lamaran Pekerjaan

Beberapa berkas yang harus dipersiapkan sebagai pelengkap surat lamaran pekerjaan antara lain:
  1. Pas Foto (3x4 dan 4x6 biasanya sebanyak 2 lembar atau tergantung permintaan)
  2. Foto Copy Kartu Identitas Diri (KTP atau SIM) yang di legalkan pejabat setempat (Legalisir).
  3. Daftar Riwayat Hidup / Curiculum Vitae (CV). Lihat Contoh Daftar Riwayat Hidup
  4. Foto Copy Ijazah yang di legalisir
  5. Foto Copy sertifikat pendidikan non formal (jika ada)
  6. Foto Copy Penghargaan yang tercantum dalam Daftar Riwayat hidup
  7. Surat Pengalaman Kerja (jika ada)

3. Menyiapkan Amplop Surat Lamaran

 Contoh Amplop surat Lamaran Pekerjaan

4. Mengirimkan Surat Lamaran Pekerjaan

Masukan semua berkas yang sudah anda susun dengan rapi (pergunakan penjepit kertas untuk myusunnya, janga di steples) kedalam Amplop yang sudah di siapkan. Kirim menggunakan pos kilat agar surat segera sampai ke alamat yang di tuju apalagi jika waktunya sudah mepet.

Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Sebelum anda membuat surat lamaran kerja ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu agar surat lamaran kerja yang nantinya anda buat baik dan benar, dan hal-hal yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut :


1. Surat lamaran harus Impresif.
Isi surat lamaran kerja hendaknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan tetapi juga tidak terlalu merendah. Intinya tampilkan jati diri kita secara menarik.

2.Surat lamaran harus menarik minat calon atasan.
Buatlah surat lamaran kerja yg ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria kita. Ingat kesan pertama sangatlah penting.

3.Sebutkan kualifikasi yang diraih dalam surat lamaran.
Contoh prestasi kerja maupun pengalaman yg sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa kita mempunyai prestasi & pengalaman yg patut dipertimbangkan.
Gunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas dan padat.

4.Pergunakanlah bahasa yg sederhana & ringkas.
Kita mempunyai kesempatan lain untuk menjabarkan semua kelebihan dan kualitas diri kita dalam kesempatan wawancara. Maka dari itu, untuk saat ini buat penjelasan yg singkat tetapi efektif.

5.Perhatikan kalimat dalam surat lamaran.
Dalam surat lamaran kerja anda hindari penggunaan kalimat yg tidak efektif, kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung secara berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat terasa janggal, bertele-tele persis seperti contoh kalimat yang sedang anda baca saat ini, yang menggunakan banyak kata sambung ‘yang’ secara berulang-ulang & berlebihan.

6.Surat lamaran kerja berbahasa Indonesia.
Sebaiknya pergunakan bahasa Indonesia saja. Jika tidak diminta, hindari penggunaan bahasa Inggris, terutama jika kemampuan bahasa Inggris kita kurang baik. Jika bahasa Inggris kita bagus, boleh saja membuat surat lamaran kerja berbahasa Inggris, yg tentu saja merupakan sebuah nilai lebih bagi kita.

7.Tujuan dan alasan melamar kerja.
Pada surat lamaran kerja anda, cantumkan tujuan & alasan kita melamar. Biasanya tujuan yg sering disebutkan adalah bahwa kita mempunyai kemampuan dan pengalaman yg memadai dalam bidang pekerjaan tertentu, & dengan bergabungnya kita ke suatu perusahaan akan dapat memberikan kontribusi yg berharga bagi perusahaan tersebut.

8.Kerapihan surat.
Agar lamaran anda mudah dibaca jangan menulis atau mencetak dengan tinta yg terlalu tipis, & hindari penggunaan tipp-ex. Pergunakan kertas yg bagus, bersih & rapih, tidak kusut, tidak tebal dan tidak mudah terkoyak.
9.Buat surat lamaran dengan tulis tangan atau komputer?
Jika memungkinkan buatlah surat dengan komputer kecuali dipersyaratkan agar ditulis dengan tangan. Agar diperoleh kualitas tulisan yg setara dengan kualitas tulisan dari mesin cetak, sebaiknya gunakan printer inkjet atau laser, dan sebisa mungkin hindari penggunaan printer dot matrix karena akan memberi kesan kita orang yg tertinggal dalam hal teknologi. Gunakan jenis font standar, seperti Times New Roman ukuran 12 untuk memberi kesan formal.

 Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup /  CV

 

Tips Membuat CV (Curiculum Vitae)

Membuat Daftar Riwayat Hidup / CV yang baik adalah salah satu usaha agar lamaran kita diterima, akan tetapi kadang ada beberapa orang yang menyepelekannya. Untuk diperhatikan bagaimana dalam membuat Daftar Riwayat Hiduap / CV yang baik adalah :
1. Usahakan pancang Maksimal CV hanya 3 - 4 Halaman.
2. Buatlah CV yang mudah dibaca dan mudah dipahami
3. untuk Foto gunakan Foto terbaru anda dan usahakan berpakain Formal namun dengan mimik wajah yang rilex (dengan senyum misalnya)
4. Jangan menulis pengalaman yang tidak penting misalkan anda melamar pada bidang programmer anda tidak perlu mencantumkan pengalaman menang lomba melukis.
5. Tulislah training yang pernah anda ikuti namun cukup training yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang anda inginkan.
6. Tulislah kompetensi lain yang menunjang pekerjaan
7. yang terakhir berusahalah sejujur jujrunya dalam membuat CV, jangan coba coba memanipulasi CV.

Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat dan jika anda sudah diterima jangan lupa sama saya ya.... he...he....!  

Tetaplah berjuang Kegagalan anda hari ini adalah kunci kesuksesan anda di masa yang akan datang









0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar anda jika dirasa ada informasi yang anda butuhkan